Rabu, 04 November 2015

ARTIKEL SEJARAH APLIKASI SOSIAL MEDIA DAN PERBEDAAN-NYA



Pembukaan,
Di sini Saya akan sedikit mengulas tentang apa itu aplikasi social media seperti facebook,twitter,bbm,line dan instagram.
Pertama-tama kita harus mengetahui apa pengertian dari masing-masing aplikasi social media berikut.
Pertama, Facebook  adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya.
Kedua, Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan JuliDi Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler
Ketiga, BBM adalah BlackBerry Messenger. Dimana BBM merupakan aplikasi instant yang dapat digunakan oleh pengguna BlackBerry yang dirancang khusus untuk dapat berkomunikasi ataupun berkirim pesan/file ke sesama pengguna BlackBerry.
Keempat, LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara
Kelima, Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.[4] Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.




Sejarah Perkembangan Sosial Media
  •  Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer.  Perkembangan sosial media pertaman kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.
  • 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
  • 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
  • 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
  • 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
  • 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
  • 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
  • 2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
  • 2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
  • 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
  • 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.


Perbedaan aplikasi social media
FACEBOOK
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
·  Interface Facebook lebih komplek dan meriah.
·  Banyak aplikasi ta
·  mbahan seperti Game, Postcard, Survei, dll
·  Selain microblogging, facebook lebih nyaman untuk saling bertegur sapa.
·  Karena tampilan Facebook yang meriah yang membuat banyak diminati di Indonesia ini, karena memang kecenderungan kita di Indonesia yang suka akan penampilan yang enak dipandang berbeda dengan twitter yang lebih sederhana dimana dari kesederhanaan twitter lebih memikat orang-rang Amerika sana untuk memakai twitter dibandingkan Facebook.
·  Banyak orang Indonesia kurang menyukai twitter dengan alasan 'Garink" atau tidak menarik dibandingkan Facebook
  • Facebook Memungkinkan terjadinya spam yang dikirim ke akun facebook. Contohnya sudah banyak sekali, misalnya spam tentang video-video mesum yang apabila spam itu maka komputer atau hp yang dipakai untuk mengklik spam tersebut akan terkena virus, biasanya berbentuk malware.
  • Bisa membuat sebuah halaman.
  • Bisa membuat sebuah group.
  • Bisa digunakan untuk berbagi tulisan, gambar, video, dan link ke suatu website.
  • Bisa digunakan untuk berkomentar ke akun facebook orang lain.
  • Bisa digunakan di komputer maupun di hp.
  • Lebih mudah digunakan.
  • Status yang dibikin di facebook tidak bisa dibagikan langsung ke twitter maupun instagram.
  • Tidak bisa saling berkomentar dengan artis idola. Kalaupun bisa, kemungkinan dibalas komentarnya oleh sang artis idola itu sangat kecil.
  • Tidak memungkinkan untuk menemukan sebuah status dari orang yang tidak dikenal. Terkecuali orang yang tidak dikenal tersebut memiliki hubungan pertemanan dengan orang yang kita kenal.

TWITTER
  • Interface Twitter lebih sederhana dan cenderung kurang menarik untuk sebagian orang.
  • Twitter lebih fokus ke microblogging  (Blog adalah jenis situs web, biasanya dikelola oleh seorang individu dengan entri reguler komentar, deskripsi peristiwa, atau bahan lain seperti grafis atau video) yaitu blog dengan isi lebih dibatasi hanya 140 karakter saja.
  • Lebih dimaksudkan tempat untuk mengekpresikan secara individual atau tempat bercuap-cuap pribadi, untuk itulah kenapa logo Twitter berupa burung, karena sesuai dengan maksudnya untuk bercuap-cuap
  • Twit sendiri berarti Umpat, Umpatan atau Ejekan, Twitter sering dipake orang untuk mengumpat, Karena pada dasarnya manusia itu suka bila kata-kata nya di dengar orang, maka tidak heran bila twitter sangat disukai orang 
  • Twitter Tidak memungkinkan terjadinya spam seperti yang terjadi di facebook.
  • Tidak bisa membuat sebuah halaman.
  • Tidak bisa membuat sebuah group.
  • Bisa digunakan untuk berbagi tulisan, gambar, video, dan link ke suatu website.
  • Bisa digunakan untuk berkomentar ke akun twitter orang lain.
  • Bisa digunakan di komputer maupun hp.
  • Status yang dibikin di twitter bisa langsung dibagikan ke facebook, namun tidak untuk instagram.
  • Bisa saling berkomentar dengan sang artis idola. Karena biasanya jika berkomentar di akun twitter artis idola, kemungkinan dibalasnya komentar sangat besar.
  • Memungkinkan untuk menemukan status orang yang tidak dikenal.
BBM
BBM ( blackberry messenger ) yaitu suatu aplikasi yang dapat melakukan obrolan kepada pengguna yang lain, dengan adanya bb mini kita dapat pula langsung obralan bersama ( broadcast ) antar satu dengan yang lain, dan juga kita bisa langsung bertatap muka kepada pengguna bbm yang lain dengan cara memakai video call. Sedangkan kekurangan yang ada pada bbm adalah disetiap bulannya kita harus membayar
Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan obrolan dengan menggunakan teks, gambar, dan suara kepada pengguna BlackBerry lainnya dengan bertukar nomor PIN, email, nama atau barcode scanner. BBM memungkinkan seseorang untuk mengirim pesan untuk semua orang di kontak BBM dengan cara BBM broadcast. Kini fitur BBM bertambah dengan bisa melakukan obrolan menggunakan video calling sehingga bisa bertatap secara langsung. Selain itu kini BBM memiliki fitur BBM Channel, BBM Video dan BBM Music tapi tentunya dengan menambah jumlah uang tertentu untuk bisa menikmatinya.
 Kekurangan BBM di BlackBerry adalah berbayar setiap bulannya. 

LINE
Line yaitu tidak jauh beda kegunaannya dengan wechat, hanya saja line ini sangat lah cocok untuk sepasang kekasih yang tidak mampu untuk membuat senyum kekasih nya, dan kenapa aplikasi line ini sangat terkenal karna adanya gambar-gambar dan sebuah tulisan yang lucu dan juga mampu mengambil peminat yang banyak
Aplikasi perpesanan ini awalanya digunakan untuk menolong pria yang tidak bisa mengungkapkan kata-kata kepada wanita. Line terkenal karena mampu pesan kata, melalui sticker semacam animasi yang lucu-lucu. Jadi, kebanyakan pengguna Line lebih sering bertukar sticker ketimbang kata. Sticker yang lucu yang membuat Line booming dan dimanfaatkan sang pengembangnya, NHN Japan untuk berjualan sticker. Line bisa digunakan untuk menelpon sesama anggota Line dengan layanan berbasis VoiP (Voice Internet Protocol).
Kelebihan Aplikasi Line adalah aplikasi lain bisa digunakan di perangkat iOS, Android dan BlackBerry serta bisa digunakan pada komputer personal. Fitur lainnya adalah, pengguna Line bisa mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Timeline adalah fitur lain yang ditawarkan oleh pengguna Line. Pengguna bisa menuliskan segala aktivitasnya layaknya di Facebook. Karena lintas platform, aplikasi ini memungkinkan untuk bermain game dengan pengguna Line secara bersamaan. Tentu saja pengguna bisa saling membalas dengan sticker yang menarik untuk dilihat.
Kekurangan Line : Walaupun pada dasarnya Line tidak berbasis nomor telephon, tetapi pengguna bisa dengan mudah meng-add akun Line, tanpa perlu di approve terlebih dahulu. Bagi sebagian orang, tahu-tahu nongol akun yang tidak dikenal atau tidak diinginkan mungkin menganggu. Walau setelah itu bisa diblok. 




INSTAGRAM

·         Instagram Layaknya twitter, instagram tidak memungkinkan terjadinya spam seperti yang terjadi pada facebook.
·         Kayaknya yang bisa digunakan untuk membuat sebuah halaman dan group hanya facebook saja. Karena di instagram juga tidak bisa membuat halaman dan group.
·         Tidak bisa berbagi tulisan tanpa menyisipkan sebuah foto/gambar.
·         Bisa digunakan untuk berbagi video. Akan tetapi, durasi yang dipakai untuk berbagi video tidak sepanjang seperti yang bisa dibagikan di facebok dan twitter.
·         Bisa digunakan untu berkomentar di akun instagram orang lain.
·         Bisa digunakan di komputer dan di hp. Akan tetapi, pemasangan instagram di komputer harus memiliki software yang bisa digunakan untuk instagram, contohnya bluestack. Tanpa bluestack, akun instagram yang dipakai di komputer tidak akan bisa untuk berbagi status, jadi hanya bisa untuk melihat dan berkomentar di status orang lain.
·         Bisa saling berkomentar dengan sang artis idola. Karena biasanya jika berkomentar di akun twitter artis idola, kemungkinan dibalasnya komentar sangat besar. Seperti pada twitter.
·         Status yang dibagikan di instagram bisa langsung dibagikan ke akun facebook, tapi tidak untuk ke twitter.
·         Memungkinkan untuk menemukan status orang yang tidak dikenal.










DAFTAR PUSTAKA

FACEBOOK
http://www aliemw.blogspot.co.id/2010/02/perbedaan-facebook-dengan-twitter.html
TWITTER
http://www.aliemw.blogspot.co.id/2010/02/perbedaan-facebook-dengan-twitter.html
LINE
https://id.wikipedia.org/wiki/Line
http://www.didno76.com/2013/09/kelebihan-dan-kekurangan-bbm-whatsapp.html
BBM
https://id.wikipedia.org/wiki/BlackBerry_Mesangger
http://www.didno76.com/2013/09/kelebihan-dan-kekurangan-bbm-whatsapp.html
INSTAGRAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar